Japan

Free JAPAN Cursors at www.totallyfreecursors.com

Cuaca Yogyakarta

Helikopter

Welcome

ADVERTISEMENT

Selasa, 10 Mei 2011

Irak

Al-Jumhuriyah Al-Iraqiyah
كۆماری عێراق
Komara Iraqê
Bendera
'Motto: 'Allahu Akbar
(Arab: "Allah Maha Besar")
Lagu kebangsaanMawtini 1
Ibu kota Bagdad2
Kota terbesar Bagdad
Bahasa resmi Arab, Kurdi 3, Assyria
Pemerintahan Republik
 -  Presiden Jalal Talabani
 -  Wakil Presiden Adil Abdul-Mahdi
Tariq al-Hashimi
 -  Perdana Menteri Nouri al-Maliki
Kemerdekaan
 -  Dari Kerajaan Ottoman 1 Oktober 1919 
 -  Dari Britania Raya 3 Oktober 1932 
 -  Kedaulatan dari CPA 28 Juni 2004 
Luas
 -  Total 437,072 km2 (58)
 -  Air (%) 1,1%
Penduduk
 -  Perkiraan 2005 26.074.906 (45)
 -  Sensus -
 -  Kepadatan 59/km2 (112)
PDB (KKB) Perkiraan 2005
 -  Total US$89,8 miliar (58)
 -  Per kapita US$3.500 (122)
Mata uang Dinar (IQD)
Zona waktu (UTC+3)
 -  Musim panas (DST)  (UTC+4)
Ranah Internet .iq
Kode telepon 964
1. Etnis Kurdi menggunakan Ey Reqîb. 2. Ibu kota Daerah Otonomi Kurdi adalah Arbil.
3. Bahasa utama di tiga daerah Kurdi.
Ada beberapa pendapat tentang asal-usul nama Irak; - satu di antaranya berasal dari kota Uruk (atau Erech) dari masa Kerajaan Sumer. Pendapat lainnya mengatakan bahwa Irak berasal dari bahasa Aram, yang berarti "tanah sepanjang tepian sungai." Pendapat lainnya mengatakan bahwa Irak adalah sebuah rujukan kepada akar pohon palma, karena jumlahnya banyak sekali di negara itu.
Di bawah Dinasti Sassanid Persia, ada wilayah yang dinamai "Erak Arabi" yang merujuk ke bagian dari wilayah barat daya Kekaisaran Persia, yang kini merupakan bagian dari Irak selatan. Al-Iraq adalah nama yang digunakan oleh orang-orang Arab sendiri untuk daerah ini sejak abad ke-6.
Secara historis Irak dikenal sebagai Mesopotamia, yang secara harafiah berarti "di antara sungai-sungai" dalam bahasa Yunani. Tanah ini menjadi tempat kelahiran peradaban pertama dunia yang dikenal, budaya Sumeria, diikuti dengan budaya Akkadia, Babilonia dan Asyur yang pengaruhnya meluas ke daerah-daerah tetangganya sejak sekitar 5000 SM. Peradaban-peradaban ini menghasilkan tulisan tertua dan sebagian dari ilmu pengetahuan, matematika, hukum dan filsafat yang pertama di dunia, hingga menjadikan wilayah ini pusat dari apa yang umumnya dikenal sebagai "Buaian Peradaban". Peradaban Mesopotamia kuno mendominasi peradaban-peradaban lainnya pada zamannya.
Pada abad ke-6 SM, wilayah ini menjadi bagian dari Kekaisaran Persia di bawah Koresy Agung selama hampir 4 abad, sebelum ditaklukkan oleh Alexander Agung dan tetap berada di bawah kekuasaan Yunani selama hampir dua abad. Sebuah suku bangsa Iran dari Asia Tengah yang bernama Parthia kemudian merebut wilayah ini, diikuti dengan Dinasti Sassanid Persia selama 9 abad, hingga abad ke-7.
Di awal abad ke-7, Islam menyebar ke daerah yang sekarang bernama Irak. Sepupu sekaligus menantu Nabi Muhammad memindahkan ibukota di Kufah "fi al-Iraq" di mana ia menjadi Khulafaur Rasyidin yang ke-4. Bani Umayyah yang berkuasa dari Damaskus di abad ke-7 menguasai Provinsi Irak.
Baghdad, ibukota Khilafah Abbasiyah, adalah kota utama bagi dunia Arab dan Islam selama 5 abad.
Pada tahun 1258, Baghdad dihancurkan oleh bangsa Mongol. Turki Usmani mengambil alih Baghdad dari Persia pada tahun 1535. Usmani kehilangan Baghdad ke Dinasti Safavid Persia pada tahun 1509, dan mengambilnya kembali pada tahun 1632. Kekuasaan Utsmani atas Irak berlangsung hingga Perang Dunia I saat Khilafah Turki Usmani berada bersama Kekaisaran Jerman dan Blok Sentral.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls